descriptionist

Let's learn about script

.

Membuat Animasi Loading Page Canda Ringan-Anak Unta Terompet Malaikat Israfil Mesjid Terapung 5 Film Hollywood Terlaris Bintang Yang Setua Dinosaurus    Makhluk Jelek Yang Sangat Cerdas

Bintang Yang Setua Dinosaurus

Beberapa waktu lalu aku membaca sebuah artikel berita online "lama". Dalam berita tersebut  disebutkan bahwa   Betelgeuse (nama sebuah bintang maha besar yang -katanya- berukuran 1000 x matahari) akan mendekat dan supernova mencapai Bumi sebelum tahun 2012 ketika si bintang meledak. Di berita lainnya disebutkan menurut prediksi Brad Carter, dosen fisika senior dari University of Southern Queensland, Australia, saat Betelgeuse meledak sebagai supernova ia akan sangat terang sampai-sampai malam akan menjadi seperti siang hari selama satu atau dua minggu.  Bayangkan lho ! ini prediksi dari seorang dosen fisika senior di negeri Kangguru sana 

Aku tidak pernah terlalu memperdebatkan masalah prediksi, ramalan atau apapun juga entah dari ahli, profesor, dosen atau paranormal tentang kiamat, asteroid, luar angkasa dsb. Karena itu semua bikin kepalaku mumet. Walaupun pada akhirnya kita semua tahu dan membuktikan- seperti halnya kiamat 2012- bahwa banyak ramalan/prediksi tersebut yang pada akhirnya meleset.

Kemampuan berpikirku tentu tidak bisa dibandingkan dengan seorang dosen. Karena aku bukanlah profesor, fisikawan, atau antariksawan. Aku hanya seorang lulusan sarjana jurusan keguruan B. Inggris. Walaupun semasa di SMA aku mengambil jurusan IPA, jadi hanya sedikit mengerti tentang luar angkasa.

Tapi, kenapa aku tertarik membahasnya !? sederhana, petunjuknya adalah karena bintang itu benda "lama" (kecuali matahari), bahkan sebagian besarnya adalah "purba". Kenapa demikian ?

Coba kalian yang mengambil jurusan IPA semasa SMA. Pasti kalian pernah belajar tentang proses mata kita melihat benda. Jadi disebutkan bahwa mata kita bisa melihat karena adanya pantulan cahaya dari benda/ objek yang kita lihat. Nah jelaskan..! sedangkan bintang (selain matahari) yang terdekat dengan bumi adalah Proxima Centaury saja jaraknya 4,2 tahun cahaya. Berarti kondisi bintang tersebut yang kita lihat sekarang adalah keadaan pada saat 4,2  tahun yang lalu. Jadi logikanya, kalaupun bintang Proxima Centaury   sudah meledak setahun yang lalu, kita baru akan melihatnya/mengetahuinya 3,2 tahun kemudian. Bayangkan bintang-bintang lain yang jaraknya ada mencapai jutaan tahun cahaya!. Inilah keunikan di dunia astronomi, ruang angkasa sebenarnya adalah ruang waktu. Jadi sebenarnya bisa dikatakan bahwa kebanyakan bintang-bintang itu setua DINOSAURUS.

Nah, begitu pula sama halnya dengan bintang Betelgeuse tadi.Yang katanya bintang tersebut konon berjarak 640 tahun cahaya. Dan artinya, kalian pasti sudah tahu ! bahwa Betelgeuse yang kita lihat sekarang sebenarnya adalah keadaan Betelgeuse 640 tahun yang lalu !!  LUARRR BIASA BUKAN.. !!

Jadi pertanyaannya adalah bagaimana memprediksi bintang tersebut akan meledak dan efeknya menimpa bumi pada tahun 2012 lalu, sedangkan yang dilihat itu sebenarnya adalah keadaan 640 tahun yang lalu...!!??


Creative design By : Unknown | Descriptionist

Terima Kasih sobat telah membaca artikel Bintang Yang Setua Dinosaurus. Yang ditulis oleh Unknown. Pada hari Sabtu, 16 November 2013. Jika sobat ingin sebarluaskan artikel ini, jangan lupa sertakan sumber link asli. Kritik dan saran silahkan sobat sampaikan pada kotak komentar, Wassalam.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar



Posting Komentar

 

close